Cara Cek Keabsahan e-Meterai (Meterai Elektronik) Asli Peruri

Sebelumnya, jika ingin menambahkan stempel atau tanda tangan dan meterai, Anda harus mencetak dokumen yang ingin ditandatangani, lalu menempelkannya dan menulisnya secara manual. Namun kini hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi karena Perusahaan Percetakan Uang Negara Republik Indonesia (PERURI) kini telah menerbitkan e-Meterai (Meterai Elektronik).
Masalahnya dengan berkembangnya teknologi ini, perkembangan meterai elektronik palsu juga semakin meningkat. Nah berikut beberapa Cara Cek Keabsahan e-Meterai (Meterai Elektronik) Asli Peruri.

Apakah Meterai Elektronik Anda Palsu?

Pada bulan Agustus 2022, DIGITAL PERURI mengumumkan adanya kasus pemalsuan meterai elektronik. Caranya, pembeli membeli e-meterai bukti pembayaran pajak secara online melalui online marketplace dan penjual meminta pembeli mengirimkan dokumen dalam format Word. Tentu saja hal ini akan merugikan pembeli. Selain kehilangan sejumlah uang yang harus disetor untuk melakukan pembelian, pembeli juga rentan terhadap risiko kebocoran data.

Hal ini mengingat bahwasanya dokumen dengan meterai di atasnya umumnya merupakan dokumen penting yang berisi data-data pembeli dan penerima. Anda bisa membeli e-meterai asli di Meterai Elektronik karena sudah sebagai salah satu partner resmi dari PSrE Berinduk Kominfo dan Terkoneksi ke Peruri, sehingga keasliannya terjamin.

Baca Juga:Perlukah Penggunaan E-Meterai (Meterai ELektronik) di Scan?

Cara Cek Keabsahan e-Meterai (Meterai Elektronik) Asli Peruri 

Lalu bagaimana cara cek keaslian e-meterai? Berikut ini kami kutip dari web Peruri dan PSrE beberapa tipsnya:

1. Ciri-ciri Meterai Elektronik Asli

Harap dicatat bahwa meterai elektronik asli hanya dapat ditempel pada dokumen dalam format PDF. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika penjual barang kecil namun penting ini meminta Anda mengirimkan file Word. Ciri-ciri meterai elektronik palsu berbeda dengan meterai jenis tempel.
Untuk menghindari penipuan, anda harus mengetahui ciri-ciri meterai elektronik asli, khususnya:

  1. Memiliki kode unik. Setiap meterai elektronik asli akan memiliki kode yang berbeda, sehingga patut dicurigai jika ada e-Meterai dengan nomor kode yang sama dengan yang Anda miliki sebelumnya.
  2. Pastikan gambar garuda-nya benar. Mulai dari warnanya hingga arah kepalanya, pastikan Anda menerima e-Meterai dengan gambar garuda yang benar.
  3. Meterai bukan Materai. Tulisan yang benar untuk bukti pembayaran pajak dokumen resmi ini adalah Meterai, bukan Materai. Tulisan Meterai Elektronik akan ada di e-Meterai Anda, jadi pastikan tulisannya benar.
  4. Ada nominal harga yang tertera dalam bentuk angka dan huruf kapital.

2. Secara Online mengupload Dokumen di Situs resmi PERURI

Anda ingin mengecek validasi e-meterai yang Anda miliki, tetapi tidak cukup teliti untuk melihat ciri-ciri di atas? Maka Anda bisa memindai dokumen resmi tersebut di website verification.peruri.co.id.

Caranya cukup mudah. Anda tinggal mengunggah file berisi e-Meterai tersebut ke dalam kotak yang tersedia, lalu centang bagian “I’m not robot”, isi kolom captcha dengan baik dan benar dan tinggal tunggu proses validasi berlangsung.

Jika e-Meterai tersebut asli, layar perangkat Anda akan menampilkan data-data mengenai dokumen tersebut. Data-data tersebut seperti status verifikasi, tanggal penandatangan, nomor kode, dan lain sebagainya. Berikut gambar screenshoot dari verifikasi halaman Peruri CA.

Halaman Verifikasi e-meterai Peruri Cara Cek Keabsahan e-Meterai (Meterai Elektronik) Asli Peruri
Halaman Verifikasi e-meterai Peruri Cara Cek Keabsahan e-Meterai (Meterai Elektronik) Asli Peruri

3. Scan dengan Aplikasi Peruri Scanner

Cara validasi e-meterai yang ke-3 adalah dengan memindainya di aplikasi PERURI Scanner. Caranya adalah:

  1. Unduh aplikasi PERURI Code Scanner di Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Letakkan scanner tepat di hadapan QR code e-Meterai Anda.
  4. Lalu klik scan

Jika memang asli, layar handphone Anda akan menampilkan lambang PERURI, serangkaian nomor unik dan tanggal serta jam pembelian.

Meterai palsu tidak akan lolos verifikasi ini sebab, PERURI telah menggunakan teknologi digital signature X.509 SHA 512 yang telah dilengkapi 3 fitur keamanan tambahan. Adanya teknologi ini memungkinkan Peruri Seal yang ada di dalam file tersebut hanya bisa terlihat menggunakan PERURI Scanner (di website atau di aplikasi). Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan munculnya signature panel yang hanya bisa dilihat di Adobe Acrobat.

Cek Keaslian e-meterai peruri dengan aplikasi PERURI Scanner
Cek Keaslian e-meterai peruri dengan aplikasi PERURI Scanner

 

4. Offline dengan Aplikasi Adobe Acrobat Reader

Cara validasi yang selanjutnya adalah dengan mengunggah dokumen berisi bukti pajak tersebut ke aplikasi Adobe Acrobat Reader. Apabila memang asli, layar di laptop Anda akan menampilkan beberapa data sebagai berikut:

  1. Status “Signed by Meterai Elektronik
  2. Kode unik yang sesuai.
  3. Alasan dan lokasi penempelan.
  4. Tanggal terakhir kali diedit.

Jadi, Apakah Anda sudah yakin dengan E-Meterai Anda? Jika belum yakin berikut Cara Cek Keabsahan e-Meterai (Meterai Elektronik) Asli Peruri. Untuk kenyamanan, Anda dapat mengandalkan SERTISIGN Meterai Elektronik untuk mempercepat proses dan memastikan keakuratan saat proses E-meterai dan Tanda Tangan Elektronik untuk Perusahaan. Kami sebagai E-meterai dan Tanda Tangan Elektronik untuk Perusahaan Terpercaya di Indonesia siap memberikan layanan TERBAIK Kami Segera kontak kami di crm@sertisign.id  WhatsApp Admin 1  +62811 8954 055 WhatsApp Admin 2  +62811 9564 055.

 

1 thought on “Cara Cek Keabsahan e-Meterai (Meterai Elektronik) Asli Peruri”

  1. Pingback: E-Meterai di Aplikasi SERTISIGN Dijamin Sah dan Aman

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× WhatsApp Kami Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday